Senin, 16 Juli 2012

Pembangunan Kereta Bandara Diklaim Mulai Terealisasi


Ilustrasi
Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah menyebut salah satu kebijakan yang akan dibangun adalah intermoda yakni kereta api bandara. Intermoda ini akan segera direalisasikan untuk memudahkan masyarakat menuju bandara dengan menggunakan kereta api.

Proyek kereta api menuju bandara Soekarno Hatta akan direalisasikan pada 2013 sehingga saat ini sedang dalam penggarapan dua line commuter yang menuju bandara Soekarno Hatta.

"Dua line komuter yang menuju bandara Soekarno Hatta, di antaranya commuter yang lewat selatan dengan rute Manggarai, Tanah Abang, dan Tangerang yang nantinya akan menuju ke bandara pintu M1," ungkap Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Inderawan, di Angkasa Pura I, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Tunjung mengatakan, program untuk bandara-bandara yang menjadi prioritas diantaranya adalah Soekarno-Hatta, Kualanamu-Medan, dan Bandara Minangkabau.

"Saat ini yang mulai terrealisasi yaitu Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang manfaatnya bagi pengguna transportasi yang menuju bandara," tukas Tunjung.

Proyek selanjutnya adalah jalur ekspres yang direncanakan pembiayaannya melalui PPP (Public Private Partnership) yang saat ini dokumennya sedang direview oleh konsultan yang di sewa PT SNI.

Tahun ini, lanjutnya, diharapkan sudah ada kejelasan dari dokumen itu dan langkah selanjutnya. Sehingga pada 2013 bisa dilakukan tender investasi.

Kemudian Tunjung menyebut, pemerintah juga akan mendanai commuter bandara dari Bukit Duri ke arah Tanggerang (multi double track). Selain itu, ada juga commuter line dari Tanah Tinggi ke Bandara Soeta serta pembebasan lahan sepanjang 4,5 kilometer yang dilakukan juga oleh PT KAI.

"Kita harapkan bahwa jalur commuter bandara akan selesai pada 2013 sehingga pada 2014 sudah beroperasi," tandas Tunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar